20171218

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris


Apakah anda ingin menguasai Bahasa Inggris dengan cepat, tapi bingung bagaimana caranya?
Anda sudah berada di tempat yang tepatJ Berikut ini adalah rahasia untuk bisa menguasai Bahasa Inggris dengan cepat. Tidak ribet, simple tapi terbukti:
1. On and On
Betul sekali, on and on, maksudnya jangan pernah berhenti. Maksudnya anda harus belajar secara kontinyu, terus-menerus. Karena belajar Bahasa Inggris sekali seminggu tidaklah cukup untuk mendapatkan hasil yang nyata. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda dengan cepat adalah anda harus menghabiskan waktu anda untuk belajar minimal 30 menit atau 1 jam setiap harinya. Cobalah untuk mendengarkan lagu atau percakapan salam Bahasa Inggris, membaca buku-buku atau artikel dalam Bahasa Inggris dan bahkan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Jika anda ingin bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancer, anda harus menjadikannya bagian dari hidup anda.

2. Jadilah Penutur Asli
Kebanyakan orang tidak melakukan hal ini. Orang yang belajar Bahasa Inggris selalu berfikir bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa ke dua atau bahasa asing. Seorang siswa selalu berfikir bahwa dia sedang belajar bahasa asing. Sikap inilah yang harus kita rubah. Hal ini akan menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan. Maka mulai sekarang anda haru berhenti berfikir bahwa anda adalah orang yang sedang belajar Bahasa Inggris, mulailah berfikir bahwa anda adalah penutur asli yang memang Bahasa Inggris adalah bahasa sehari-hari anda. Ini memang hanya perubahan pola piker yang kecil, tapi hal ini akan membuat anda lebih percaya diri dan mempercepat anda untuk menguasai Bahasa Inggris.

3. Lakukan ‘Listening’ Yang Lebih Baik
Ketika seseorang mendengar penutur asli (native speaker) sedang berbicara, dia akan focus pada arti dari setiap kata-kata yang diucapkan. Hal ini tentu saja penting, tapi sebenarnya ada hal-hal lebih yang bisa kita lakukan saat melakukan ‘Listening’. Usahakan untuk tidak hanya berfokus pada arti dari kata-kata yang diucapkan, tapi perhatikan juga pada bagaimana kata-kata tersebut diucapakan,sehingga kita juga bisa sekaligus belajar Pronunciation (Pengucapan) saat Listening.
Hal ini memang lebih mudah diucapkan daripada dikerjakan. Ketika anda mendengarka seorang Penutur asli berbicara, bisa jadi akan sangat sulit untuk memahami setiap kata yang diucapkan. Mereka (Native) mungkin menggunakan banyak kata-kata yang anda tidak tahu, berbicara terlalu cepat, atau mungkin menggunakan aksen yang asing ditelinga kita. Tapi jangan khawatir, karena semua hal ini akan teratasi bersama dengan berjalannya waktu. Kita hanya perlu melakukannya on and on.

4. Gunakan atau Kehilangan

Ada ungkapan dalam Bahasa Inggris “Use it or lose it” (Gunakan atau Kehilangan). Makna dari ekspresi ini adalah jika anda tidak menggunakan kemampuan anda, anda mungkin akan kehilangan kemampuan anda. Hal ini bisa diterapkan dalam belajar Bahasa Inggris karena cara terbaik untuk mengingat kata-kata baru adalah dengan menggunakannya saat itu juga sehingga kata-kata tersebut akan tertanam di dalam memori. Ketika anda dapat kata-kata baru, praktekkan kata-kata tersebut dalam setiap percakapan anda selama beberapa hari ke depan, maka anda tidak akan melupakannya.

5. Jangan Terlalu Terpaku Pada Grammar

Grammar memang penting, tapi kalau anda ingin bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, maka anda tidak boleh takut untuk membuat kesalahan dalam grammar. Bahkan para native speaker pun banyak sekali yang membuat kesalahan grammar saat berbicara. Berbicara adalah masalah komunikasi. Karena itulah penting sekali agar anda tidak terlalu terpaku pada grammar, sehingga anda bisa lebih leluasa untuk prektek writing, reading, listening and speaking. Menulislah sekarang, Mendengarlah sekarang, Berbicaralah sekarang, Grammar akan mengikuti.


GOOD LUCK



No comments: