20180101

Rahasia Cepat Bisa Speaking



Rahasia Cepat Berbicara Bahasa Inggris
Inti dari sebuah bahasa adalah bicara, sehingga jika kita mempelajari suatu bahasa, maka kita pun harus belajar sampai ke intinya yaitu bicara / ‘speaking’. Hal ini juga berlaku pada bahasa Inggris. Untuk mempelajari bahasa Inggris, kita pun harus belajar berbicara bahasa Inggris. Sebagian dari anda mungkin menganggap berbicara / ‘sepeaking’ menjadi sesuatu yang menakutkan karena hal ini memang sulit. Tapi sekarang sudah tidak perlu lagi khawatir karena kami memberikan anda rahasia untuk bisa cepat menguasai kemampuan ‘speaking’:

Don't wait. Jangan tunggu lagi. Kebanyakan orang akan mulai untuk bicara saat mereka merasa nyaman. Maka saat itulah mereka tidak sadar kalau mereka sudah membuang waktu. Karena pada kenyataanya mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan rasa nyaman tersebut. Maka jangan lagi menunggu. Berbicaralah sekarang. Paksalah diri anda untuk keluar dari zona nyaman maka anda akan merasakan betapa cepatnya kemampuan ‘speaking’ anda meningkat.

Berbicaralah Bahasa Inggris Setiap Hari Walaupun Sedikit. Cara paling ampuh untuk menguasai bahasa asing adalah ‘ngomong saja’. Tidak masalah jika anda hanya tahu tiga atau lima kata, pokoknya ‘ngomong saja’. Perbendaharaan kata anda akan bertambah setiap harinya.

Perkayalah Kosa kata Anda. Semakin banyak kosa kata dan frase bahasa Inggris yang anda kuasai, maka akan semakin mudah juga untuk berbicara bahasa Inggris, karena kalimat-kalimat yang kita ucapkan sebenarnya adalah kumpulan dari kata dan frase. Membaca, Nonton film dan mendengarkan berita dalam bahasa Inggris juga akan sangat membantu untuk memperkaya kosa kata.
Begitu anda mendapatkan kata-kata baru, maka anda harus berusaha keras untuk menggunaknya berbicara. Ini adalah cara terbaik untuk mengikatnya ke dalam memory. Anda juga bisa menggali kata-kata baru dari selitar rumah anda. Buatlah label dalam bahasa Inggris untuk setiap peralatan rumah tangga anda, dan tempelkan label-label tersebut sesuai barangnya. Sehingga setiap kali anda melihat ke cermin atau peralatan rumah tangga, anda akan melihat kata-kata tersebut.

Carilah Penutur Asli. Praktek speaking dengan teman memang bagus untuk mengasah skill ‘speaking’ kita, tapi jika anda bisa menemukan penutur aslinya (native speaker) untuk praktek ‘conversation’, Hal akan jauh lebih baik. Anda bisa mencari ‘native speaker’ di tempat-tempat wisata, dan jika anda sudah menemukannya maka jangan ragu lagi untuk mengajaknya bicara. Bilang saja kalau anda memang sedang belajar bahasa Inggris, mereka pasti akan senang untuk membantu anda. Anda bisa memulai dengan kata-kata sederhana seperti ‘hello’ atau yang lain.

Sempurnakan Pronunciation. Bahkan jika anda menguasai bahasa Inggris dengan grammar dan kosa-kata yang luas,seorang native speaker mungkin akan kesulitan untuk memahami kalimat anda jika anda tidak mengucapkannya dengan tepat.
Pengucapan / pronunciation yang jernih dan jelas sangat penting untuk meningkatkan level bahasa Inggris anda. Dengarkanlah dengan seksama bagaimana cara native English speakers mengucapkan kata-kata nya dan berusahalah untuk menirunya. Berhati-hatilah dengan cara pengucapan, karena untuk kata-kata tertentu bisa sangat berbeda cara pengucapan tergantung pada asal dari native speaker tersebut. Contohnya American English sangat berbeda dengan British English.

Ikuti Kursus Bahasa Inggris atau English Club. Cara lain yang tak kalah baik untuk menjadikan speaking English sebagai rutinitas kita adalah dengan ikut kursus bahasa Inggris atau gabung di English Club. Di tempat-tempat tersebut anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi misi yang sama, yaitu menguasai bahasa Inggris. Anda akan mudah mendapatkan partner untuk praktek ‘speaking

Bawalah Kamus. Membawa kamus bahasa Inggris setiap saat (kamus buku maupun aplikasi smartphone) akan sangat membantu.


Membawa kamus juga akan sangat membantu untuk mempelajari kosa kata lebih detail saat-saat anda sendirian, seperti saat anda sedang duduk di angkutan umum, menunggu seseorang di suatu tempat, atau mungkin saat sedang ngopi. Dengan cara ini anda bisa belajar 10 sampai 20 kosa kata baru per hari.

Selamat Mencoba

No comments: